MEWUJUDKAN INDONESIA SEHAT 2015
RAKERWIL VIII JMKI JATENG BERSAMA STIKES KARYA HUSADA SEMARANG

Picture
Created by: Duwi Pudji Astuti (DP)/ Kabid Karya Ilmiah dan Kreativitas HIMASIK

Kesehatan merupakan salah satu aspek mendasar dalam kehidupan manusia. Kesehatan dinilai sebagai suatu unsur yang penting dalam berlangsungnya suatu proses kehidupan dan pembangunan. Hal ini merupakan infestasi jangka panjang dalam pembangunan suatu bangsa. Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya guna tercapai suatu negara yang kuat.

Mahasiswa kesehatan sebagai salah satu unsur pembangunan bidang kesehatan khususnya, merasa memiliki peranan dan tanggung jawab dalam menyukseskan pembangunan masyarakat yang berwawasan kesehatan.

Meskipun kami dari bermacam-macam jurusan study kesehatan dari sekolah tinggi maupun universitas kami tetap bersatu, dengan satu tujuan yaitu ‘Mewujudkan Indonesia Sehat 2015’. Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) sebagai salah satu organisasi yang mempunyai visi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang seoptimal mungkin dengan mendukung visi Indonesia Sehat 2015, merasa perlu untuk berperan besar dalam menciptakan mahasiswa kesehatan Indonesia yang kuat dan tangguh serta kompetitif dan kolaboratif. JMKI adalah organisasi yang didalamnya mewadahi mahasiswa kesehatan, yaitu kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan farmasi.

Oleh karena itu, Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia wilayah Jawa Tengah (JMKI JATENG) mengadakan suatu rapat kerja wilayah (RAKERWIL) yang mana kegiatan tersebut termasuk program kerja tahunan. Dengan kegiatan ini  diharapkan mahasiswa kesehatan dalam mencapai cita-cita bersama menuju peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dapat terwujud.

Picture
STIKES Karya Husada Semarang termasuk dalam anggota tetap JMKI JATENG yang disahkan pada tanggal 19 Februari 2011 di Padang, maka kami (Duwi Pudji Astuti, Endang Setya Ningsih, Suyanto) resmi menjadi Pengurus Harian Wilayah Semarang (PHW SEMARANG). Kelanjutan dari acara Pra-KMKI VII di Padang, Duwi Pudji Astuti selaku PHW Kaderisasi mengikuti Musyawarah Wilayah VIII Jawa Tengah (MUSWIL VIII JMKI JATENG) pada tanggal 17-19 Desember 2011 di STIKES Muhamadyah Gombong, yang mana Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMASIK) memberikan amanah kepada Duwi Pudji Astuti sebut saja ‘DP’ untuk mengambil tender RAKERWIL VIII JMKI JATENG. Tepat tanggal 25 Januari 2012 STIKES Karya Husada menjadi tuan rumah kegiatan RAKERWIL VIII JMKI JATENG. Tema dari kegiatan ini adalah “Meningkatkan atmosfer organisasi secara kondusif demi mewujudkan Indonesia sehat 2015”. Panitia terdiri dari pengurus HIMASIK dan beberapa mahasiswa S1 Keperawatan semester 2 dan diketuai oleh ‘DP’.  Peserta merupakan delegasi dari setiap institusi anggota tetap dan anggota peninjau JMKI wilayah Jawa Tengah, di antaranya :

a. Kedokteran Umum UNDIP
b. Kedokteran Umum UMS
c. Kedokteran Umum Unsoed
d. Kedokteran Umum Unissula
e. PSIK Undip
f. FIK UMS
g. Fikkes Unimus
h. Stikes Ngudi Waluyo
i. Keperawatan Unissula 
j. Keperawatan Unsoed
k. Kesehatan Masyarakat Undip
l. Kesehatan Masyarakat Udinus
m. Kesehatan Masyarakar Unsoed
n. Farmasi Unsoed
o. Farmasi Universitas Setia Budi
p. Farmasi Universitas Wahid Hasyim
q. Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
r. Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong
s. Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
t. Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung
u. Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Sukoharjo
v. Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Semarang
w. Kedokteran Umum Universitas Sebelas Maret 

Acara dimulai dari jam 09.00-17.00 dan bentuk kegiatannya adalah sebagai berikut : 
1. Rapat kerja JMKI Jawa Tengah
Selayang pandang JMKI dan tanya jawab, Pembahasan tata tertib Rakerwil,pembagian formasi, aturan main rakerwil dan tanggapannya, sidang per komisi, Rapat terbuka forum, pengesahan Proker. 

2. Pembentukan dan pengesahan pengurus JMKI Jawa Tengah 
pembentukan PHW Jateng, Pelantikan PHW dan BPW.
 

Selaku tuan rumah kami menyambut para peserta dengan hangat, senang dan terbuka. Dari kegiatan RAKERWIL VIII JMKI JATENG STIKES Karya Husada Semarang mencalonkan dan disahkan pada acara ini, Kalina Emi Astiti sebagai PHW Kaderisasi, Agung  Prakoso sebagai PHW Kemitraan dan Kewirausahaan, Hendro Wibowo sebagai PHW Advokasi. Selanjutnya Duwi Pudji Astuti dari PHW Kaderisasi menjadi Badan Pengawas Wilayah (BPW) Semarang, Suyanto dari PHW Advokasi menjadi PHW Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Profesi. Beberapa Program kerja 2012-2013 JMKI JATENG diantaranya kita akan mengadakan Komunitas Sadar Sehat (KSS), Roadshow di universitas-universitas yang belum menjadi anggota tetap maupun yang sudah menjadi anggota tetap, Pelatihan tanggap bencana, Bakti mahasiswa.

Dari kegiatan ini kami selaku pengurus JMKI JATENG menyusun program kerja tahun 2012-2013 yang mana semua kegiatan dilaksanakan secara kolaboratif dari berbagai jurusan study kesehatan. berbagai pesan dan kesan, kritik dan saran dari setiap institusi begitu berkesan untuk STIKES Karya Husada Semarang dan panitia. Semoga awal dari tender ini bisa menjadi tuan rumah kembali diacara JMKI JATENG maupun NASIONAL. SALAM SEHAT!
 
oleh : Diki Elfira Martiningsih

SIAGA TANGGAP BENCANA ( 2 – 4 Maret 2012 @ Universitas Negeri Jember)
Kegiatan wilayah kali ini bernama SIAGAB (siaga tanggap bencana) yang diadakan di Universitas Jember. Sasaran tempat latihan SIAGAB ada di Kecamatan Panti, Desa Suci, Jember. Delegasi yang datang dari daerah Surabaya, Malang, dan Jember sendiri terdiri dari beberapa universitas, yaitu Universitas Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universita Jember.

Acara SIAGAB berisi tentang pelatihan tanggap bencana dengan pemberian materi dari BASARNAS (Badan Search and Rescue Nasional), MENWA (Resimen Mahasiswa) Universitas Jember, dan PMI(Palang Merah Indonesia) Jember. Tanggal 3 pagi hari, dilaksanakan pemberian sedikit materi dari MENWA Universitas Jember tentang kebencanaan. Dilanjutkan materi oleh BASARNAS Surabaya tentang kebencanaan dan cara penanganannya. Kemudian dilakukan praktik evakuasi korban oleh peserta yang dibantu serta diawasi Tim BASARNAS. Acara berlangsung lancar dan menyenangkan. Semua peserta antusias menjalani rangkaian acara.

Tanggal 4 Maret, acara dimulai sejak pagi hari yang berupa praktik evakuasi. Kegiatan ini dipandu oleh tim PMI Jember dan juga tim BASARNAS. Peserta dibagi kelompok-kelompok. Ada kelompok triase, firt aid, evakuasi, dan medis. Setelah praktikum berkelompok, dilakukan simulasi penanganan. Simulasi dilakukan di sekitar balai Desa Suci. Panitia berperan sebagai korban bencana dan memerlukan penanganan. Tim triase menandai korban dengan pita warna hijau, kuning, merah, atau hitam. Tim first aid menangani luka korban, tim evakuasi melakukan evakuasi pada korban yang tidak dapat melakukan mobilisasi sendiri. Kemudian, korban dibawa ke tim medis untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Acara berlangsung seru. Kemeriahannya karena peserta delegasi yang melakukan simulasi begitu antusias dengan pelaksanaan tersebut seakan benar-benar terjadi bencana, namun tetap ada canda tawa yang tersirat.

Setelah simulasi, sesi foto-foto pun dilakukan. Panitia, peserta, maupun pemateri melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Perjalanan selanjutnya menuju ke Taman Botani untuk jalan-jalan. Di sana jugalah penutupan acara sekaligus perpisahan delegasi dilakukan. Semua bersalaman dan pulang ke daerah masing-masing. Banyak kenangan yang terjadi, banyak cerita menyertai perjalanan ini. There is a story in our adventure, always ! ^_^


 
Alhamdulillah WNTD di jatim berjalan lancar....di malang di adakan aksi keliling Univ Brawijaya n berpusat di depan bundaran rektorat, diadakan teatrikal , bagi2 leaflet n komunikasi dg bapak Pmbntu rektor untuk mengusahakan Unibraw terbatas rokok terutama FK nya...walaupun Acara ini join dengan BEM FK tp acara ini ini cukup berkesan dan bermakna n banyak peserta yang ikut andil di dalamnya...
sdngkan di Surabaya....juga diadakan acara demikian ada aksi damai dan teatrikal serta pembagian leaflet dr JMKI nasional.....acara berjalan dengan lancar...terakhir di jember,..walaupun jember tidak bisa mengadakan aksi seperti di malang dan di Surabaya karena terbentur dengan libur dan ujian,,tapi leaflet dr pusat sudah disebar melalui FB dan media lain infokom jember...

terimakasih banyak buat temand seperjuanganq di JATIM tetap KOMPAK dan Komitmen slalu....
teruz berikan kontribusi terbesar qt untuk kemajuan JMKI JATIM tercinta....!
SATU HAL...tidak ada pengorbanan qita sedikitpun yang SIA - SIA jika itu untuk kebaikan dirimu, qita dan SEMUA JMKI'ers tentunya....
SALAM cinta untuk kawand2 terbaikq semua....SUKSES , PAZTI BISAA!!!


 

Mars JMKI diciptakan oleh Saptiadi Oktora (FKG Unpad) dan pertama kali dinyanyikan pada Launching Mars JMKI dalam rangkaian acara penutupan LKMM Nasional JMKI 2009 di Semarang.

Berikut lirik JMKI, yang mencerminkan perjuangan mahasiswa Indonesia, khususnya mahasiswa kesehatan dalam hal ini JMKI dengan visinya meningkatkan derajat kesehatan Bangsa Indonesia.

Kami mahasiswa Indonesia
Bersatu bercita-cita mulia

Membangun negeri kita tercinta

Menuju Indonesia Jaya

Bersama Jaringan Mahasiswa
Kesehatan Indonesia
Tingkatkan derajat kesehatan
Bangsaku Indonesia


Teruslah jaya JMKI

Teruslah bangun negeri ini

Semangatlah wahai kawanku

Menuju Indonesia satu



Lagu ini dapat didownload di: (klik aja tulisannya)
Mars JMKI
atau di alamat:
http://www.indowebster.com/Mars_JMKI.html

 

Eh...
sekarang JMKI ada di FaceBook lho
buruan gabung ya...!

klik aja nih:
FaceBook JMKI

jangan lupa buat ajak yang lain ya...!!

 

teman-teman JMKI semuanya..

ada Beberapa hal yang mungkin belum kita tahu tentang masalah - masalah kesehatan yang ada di masyarakat.apa yang terjadi disana dan apa yang sebaiknya dilakukan.

apakah kita, mahasiswa kesehatan Indonesia, mau membuka mata kita untuk itu?

apakah kita, mahasiswa kesehatan Indonesia, mau menjadi jawaban bagi permasalahan yang ada di masyarakat?

apakah kita, mahasiswa kesehatan Indonesia, mau melihat kesehatan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik?

semuanya bisa kita lakukan kalau kita MAU.

KSS ( Komunitas Sadar Sehat ) sebagai salah satu bentuk kepedulian JMKI terhadap kesehatan masyarakat Indonesia.

Program ini akan kita kerjakan pada bulan Januari-Juli 2009.

kegiatan - kegiatan yang akan kita lakukan antara lain :PENYULUHAN, BAKTI SOSIAL, dan HOME CARE dengan tema wajib : PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan tema khusus yang disesuaikan kebutuhan/permasalahan di masing - masing wilayah.

ayuk, teman - teman..kita sukseskan program ini sama-sama. supaya JMKI benar - benar bisa jadi jawaban untuk masyarakat Indonesia.

HAL YANG BESAR SELALU DIMULAI DARI HAL YANG KECIL..

SETIAP HAL KECIL YANG KITA LAKUKAN AKAN DAPAT MEMBERIKAN SEBUAH PERUBAHAN YANG BESAR.

 

-Pengabdian Masyarakat JMKI-

 

Ada forum baru JMKI di web
silahkan teman-teman mengakses alamat:

www.jmki-forum.co.cc

kami tunggu kontribusi teman-teman disana....!!

 

buat teman2 yg pernah berkecimpung di JMKI yg dah pada jadi dokter,
nurse dll lah....
sekarang ada IKA JMKI
Ikatan Alumni JMKI

buat bergabung bisa hubungi :

Cha-cha (0852 926 95472)
------------------------------------

Sehubungan dengan akan diadakan pembentukan ikatan alumni JMKI (IKA JMKI), maka diharapkan partisipasi seluruh alumni JMKI. Menurut rencana, peresmian pembentukan IKA JMKI ini akan dilaksanakan bertepatan dengan LKMM Nasional bulan April 2009 di Semarang.


Formulir Pendaftaran dapat didownload di:
- web JMKI
- milis JMKI

form yang harus diisi kemudian nantinya dikirimkan balik ke email: ikatan_alumnijmki@yahoo.com . Terima kasih untuk partisipasinya.

 

Kamu kader JMKI yang suka musik...? Bisa bikin lagu..?
Kenapa nggak ekspresikan talenta kamu dengan menciptakan Mars JMKI...!
kirim aja lagu kamu dengan format mp3 plus lyricnya dalam  ke e-mail:
elman_julianda_0707@rocketmail.com

 

28 Produk Makanan Ditarik

Akan diteliti apakah ada kandungan melamin.

JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan kemarin memerintahkan penarikan
28 jenis makanan berbagai merek karena menggunakan bahan baku susu asal
Cina. Langkah pengamanan ini dilakukan berkaitan dengan kasus
ditambahkannya melamin pada susu formula untuk bayi di negeri itu.

"Larangan itu mulai berlaku hari ini (kemarin)," kata Kepala Badan Pengawas
Obat dan Makanan Husniah Rubiana Thamrin setelah rapat dengar pendapat
dengan Komisi Agama, Sosial, dan Pemberdayaan Perempuan Dewan Perwakilan
Rakyat di Jakarta kemarin.

Makanan yang dilarang beredar itu bermacam-macam, dari es krim, susu,
sampai wafer dan permen. Di Cina, produk susu tercemar itu menyebabkan
empat bayi tewas dan 53 ribu lainnya sakit. Sebanyak 12 ribu lebih bayi
mulai sembuh setelah dirawat di rumah sakit. Sedangkan 104 bayi lainnya
kini masih dirawat karena gangguan pada ginjal.

Menurut Husniah, produk makanan dan minuman berkandungan susu asal Cina itu
akan diteliti di laboratorium. Dia memastikan tak ada susu buatan Cina
untuk bayi yang beredar di Indonesia. Susu impor dari Cina yang beredar di
Indonesia hanya untuk konsumsi orang dewasa. "Susunya tidak mengandung
melamin," katanya. Tapi produk ini ikut disegel.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Departemen
Kesehatan Lily Sulistyowati, susu buatan Cina untuk orang dewasa itu,
Guozhen, punya izin edar. "Itu pun susu krim," kata Lily kepada Tempo
semalam. Tidak tertutup kemungkinan susu Cina tak punya izin edar, masuk
dengan cara diselundupkan.

Sebagai langkah antisipasi, Badan POM telah mengirimkan surat kepada
Asosiasi Peretail Indonesia untuk mengambil langkah pengamanan. "Bentuknya
menarik dan menyegel susu dan produk yang menggunakan susu asal Cina untuk
dilaporkan ke Badan POM," kata Lily. Produk yang akan diteliti itu terdiri
atas 28 jenis.

Badan POM, menurut dia, mulai hari ini akan meneliti apakah produk tersebut
terbukti mengandung melamin. Kapan hasil penelitian itu akan diumumkan,
Lily mengatakan tak bisa menjawab. "Kewenangan itu ada di Badan POM,"
katanya.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) akan menghentikan distribusi
produk yang mengandung susu asal Cina. "Tanpa tunggu apa-apa lagi, langsung
kami patuhi dan segera hentikan," kata Sekretaris Jenderal Aprindo Tutum
Rahanta.

Dia mengatakan pihaknya tak mau mengambil risiko dengan tetap mengedarkan
produk-produk yang diduga berbahaya. Namun, Tutum belum memastikan kapan
langkah penghentian peredaran itu dilakukan karena dia belum melihat surat
permintaan dari Badan POM. Informasi soal susu Cina yang akan ditarik itu
baru diperoleh dari Departemen Perdagangan kemarin siang.

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia Thomas Darmawan
mengimbau agar pemerintah berhati-hati terkait dengan rencana penarikan
susu Cina dan produk turunannya yang diduga membahayakan. "Harus
benar-benar berdasarkan penelitian dengan prinsip kehati-hatian," katanya.

Menurut dia, tidak semua produk Cina di Indonesia, termasuk 28 item yang
akan ditarik dari distribusinya, mengandung melamin yang membahayakan.
Dengan pengumuman rencana penarikan, produk lain yang berbau Cina pun bisa
kena imbasnya. "Ujung-ujungnya merugikan peretail kecil dan industri,"
katanya. "Apalagi kita tidak impor susu dari Cina, tapi dari Australia."
CORNILA DESYANA | HARUN MAHBUB

----------------------------------------------------------------------------------------------



Setitik Melamin di Susu Cina

Heboh susu mengandung melamin di Cina, yang menyebabkan 53 ribu bayi sakit
ginjal, akhirnya sampai juga ke Indonesia. Senin lalu, 22 September,
Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menarik susu bubuk merek Guozhen
produksi Cina. Sehari kemudian, Badan Pengawas Obat dan Makanan
mengeluarkan surat edaran agar Asosiasi Peretail Indonesia mengamankan 28
jenis makanan yang mengandung susu asal Cina.

KRONOLOGI:

Desember 2007: Perusahaan susu Sanlu Group, Cina, menerima keluhan produk
mereka membuat bayi sakit.

Juni 2008: Sanlu menemukan susu bubuknya mengandung melamin.

30 Juni 2008: Lima bayi di Hunan sakit batu ginjal karena susu Sanlu.

11 September 2008: Sanlu, yang sahamnya dikuasai Fonterra, Selandia Baru,
menarik 700 ton susu formula.

21 September 2008: Departemen Kesehatan Cina mengumumkan 53 ribu bayi sakit
dan empat meninggal karena susu beracun itu.

22 September 2008: Departemen Kesehatan RI menarik susu Guozhen produksi
Cina.

23 September 2008: Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan 28 jenis
makanan yang mengandung susu asal Cina.

APAKAH MELAMIN ITU

Melamin adalah bahan kimia berbasis organikyang banyak ditemukan dalam
bentuk kristal putihdalam nitrogen. Biasanya digunakan sebagaibahan
campuran plastik dan pupuk. Melamintak punya nilai nutrisi, tapi kaya
nitrogen, sehingga biladicampur dengan susu akan membuat kadar protein
sususeolah lebih tinggi ketimbang aslinya.

Produk yang ditarik dari peredaran:

1        Jinwel Yougoo Susu Fermentasi Rasa Jeruk

2        Jinwel Yougoo Aneka Buah

3        Jinwel Yougoo tanpa Rasa

4        Guozhen susu bubuk full cream

5        Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Cokelat

6        Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila

7        Oreo Stick Wafer

8        Oreo Stick Wafer (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)

9        Oreo Cokelat Sandwich Cookies

10    M&M¢s Kembang Gula Cokelat Susu

11    M&M¢s Cokelat Susu

12    Snicker¢s (biskuit-nougat lapis cokelat)

13    Dove Choc Kembang Gula Cokelat

14    Dove Choc

15    Dove Choc (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)

16    Natural Choice Yoghurt Flavoured Ice Bar

17    Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar

18    Yili Bean Club Red Bean Ice Bar

19    Yili Prestige Chocliz

20    Yili Chestnut Ice Bar

21    Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk

22    Yili High Calcium Low Fat Milk Beverage

23    Yili High Calcium Milk Beverage

24    Yili Pure Milk 205 ml

25    Yili Pure Milk 1 L

26    Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk

27    White Rabbit Creamy Candy

28    Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar (kembang gula)