MEWUJUDKAN INDONESIA SEHAT 2015
RAKERWIL VIII JMKI JATENG BERSAMA STIKES KARYA HUSADA SEMARANG

Picture
Created by: Duwi Pudji Astuti (DP)/ Kabid Karya Ilmiah dan Kreativitas HIMASIK

Kesehatan merupakan salah satu aspek mendasar dalam kehidupan manusia. Kesehatan dinilai sebagai suatu unsur yang penting dalam berlangsungnya suatu proses kehidupan dan pembangunan. Hal ini merupakan infestasi jangka panjang dalam pembangunan suatu bangsa. Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya guna tercapai suatu negara yang kuat.

Mahasiswa kesehatan sebagai salah satu unsur pembangunan bidang kesehatan khususnya, merasa memiliki peranan dan tanggung jawab dalam menyukseskan pembangunan masyarakat yang berwawasan kesehatan.

Meskipun kami dari bermacam-macam jurusan study kesehatan dari sekolah tinggi maupun universitas kami tetap bersatu, dengan satu tujuan yaitu ‘Mewujudkan Indonesia Sehat 2015’. Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) sebagai salah satu organisasi yang mempunyai visi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang seoptimal mungkin dengan mendukung visi Indonesia Sehat 2015, merasa perlu untuk berperan besar dalam menciptakan mahasiswa kesehatan Indonesia yang kuat dan tangguh serta kompetitif dan kolaboratif. JMKI adalah organisasi yang didalamnya mewadahi mahasiswa kesehatan, yaitu kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan farmasi.

Oleh karena itu, Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia wilayah Jawa Tengah (JMKI JATENG) mengadakan suatu rapat kerja wilayah (RAKERWIL) yang mana kegiatan tersebut termasuk program kerja tahunan. Dengan kegiatan ini  diharapkan mahasiswa kesehatan dalam mencapai cita-cita bersama menuju peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dapat terwujud.

Picture
STIKES Karya Husada Semarang termasuk dalam anggota tetap JMKI JATENG yang disahkan pada tanggal 19 Februari 2011 di Padang, maka kami (Duwi Pudji Astuti, Endang Setya Ningsih, Suyanto) resmi menjadi Pengurus Harian Wilayah Semarang (PHW SEMARANG). Kelanjutan dari acara Pra-KMKI VII di Padang, Duwi Pudji Astuti selaku PHW Kaderisasi mengikuti Musyawarah Wilayah VIII Jawa Tengah (MUSWIL VIII JMKI JATENG) pada tanggal 17-19 Desember 2011 di STIKES Muhamadyah Gombong, yang mana Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMASIK) memberikan amanah kepada Duwi Pudji Astuti sebut saja ‘DP’ untuk mengambil tender RAKERWIL VIII JMKI JATENG. Tepat tanggal 25 Januari 2012 STIKES Karya Husada menjadi tuan rumah kegiatan RAKERWIL VIII JMKI JATENG. Tema dari kegiatan ini adalah “Meningkatkan atmosfer organisasi secara kondusif demi mewujudkan Indonesia sehat 2015”. Panitia terdiri dari pengurus HIMASIK dan beberapa mahasiswa S1 Keperawatan semester 2 dan diketuai oleh ‘DP’.  Peserta merupakan delegasi dari setiap institusi anggota tetap dan anggota peninjau JMKI wilayah Jawa Tengah, di antaranya :

a. Kedokteran Umum UNDIP
b. Kedokteran Umum UMS
c. Kedokteran Umum Unsoed
d. Kedokteran Umum Unissula
e. PSIK Undip
f. FIK UMS
g. Fikkes Unimus
h. Stikes Ngudi Waluyo
i. Keperawatan Unissula 
j. Keperawatan Unsoed
k. Kesehatan Masyarakat Undip
l. Kesehatan Masyarakat Udinus
m. Kesehatan Masyarakar Unsoed
n. Farmasi Unsoed
o. Farmasi Universitas Setia Budi
p. Farmasi Universitas Wahid Hasyim
q. Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
r. Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong
s. Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
t. Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung
u. Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Sukoharjo
v. Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Semarang
w. Kedokteran Umum Universitas Sebelas Maret 

Acara dimulai dari jam 09.00-17.00 dan bentuk kegiatannya adalah sebagai berikut : 
1. Rapat kerja JMKI Jawa Tengah
Selayang pandang JMKI dan tanya jawab, Pembahasan tata tertib Rakerwil,pembagian formasi, aturan main rakerwil dan tanggapannya, sidang per komisi, Rapat terbuka forum, pengesahan Proker. 

2. Pembentukan dan pengesahan pengurus JMKI Jawa Tengah 
pembentukan PHW Jateng, Pelantikan PHW dan BPW.
 

Selaku tuan rumah kami menyambut para peserta dengan hangat, senang dan terbuka. Dari kegiatan RAKERWIL VIII JMKI JATENG STIKES Karya Husada Semarang mencalonkan dan disahkan pada acara ini, Kalina Emi Astiti sebagai PHW Kaderisasi, Agung  Prakoso sebagai PHW Kemitraan dan Kewirausahaan, Hendro Wibowo sebagai PHW Advokasi. Selanjutnya Duwi Pudji Astuti dari PHW Kaderisasi menjadi Badan Pengawas Wilayah (BPW) Semarang, Suyanto dari PHW Advokasi menjadi PHW Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Profesi. Beberapa Program kerja 2012-2013 JMKI JATENG diantaranya kita akan mengadakan Komunitas Sadar Sehat (KSS), Roadshow di universitas-universitas yang belum menjadi anggota tetap maupun yang sudah menjadi anggota tetap, Pelatihan tanggap bencana, Bakti mahasiswa.

Dari kegiatan ini kami selaku pengurus JMKI JATENG menyusun program kerja tahun 2012-2013 yang mana semua kegiatan dilaksanakan secara kolaboratif dari berbagai jurusan study kesehatan. berbagai pesan dan kesan, kritik dan saran dari setiap institusi begitu berkesan untuk STIKES Karya Husada Semarang dan panitia. Semoga awal dari tender ini bisa menjadi tuan rumah kembali diacara JMKI JATENG maupun NASIONAL. SALAM SEHAT!
11/6/2014 10:32:33 pm

artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang ilmu kedokteran/kesehatan, kami juga memiliki situs yang membahas mengenai ilmu kedokteran/kesehatan, bisa anda kunjungi disini <a href="http://ps-ik.gunadarma.ac.id/">Dunia Kedokteran</a> Terima kasih








Reply
4/12/2015 05:53:28 pm

Saya suka dengan artikel kesehatan diatas, informasinya memang simple tapi sangat membantu saya dalam mencari informasi, thanks sob telah meluangkan waktunya untuk berbagi ^^

Reply
4/13/2015 12:03:29 am

infonya sangat bermanfaat terimakasih banyak gan. tolong yang jangan di hapus :(

Reply

Saya terkagum membaca artikel ini karena setelah membaca artikel ini pikiran saya menjadi terbuka. Saya sadar,
selama ini saya terlalu tertutup dengan hal-hal yang baru dan merasa sudah tahu.
Hal ini berimbas kepada saya yakni saya menjadi orang yang Sok Tahu

Reply
10/12/2015 11:56:57 pm


makasih gan infonya, semoga saja info ini bisa bermanpaat bagi yang membacanya.

Reply
11/15/2015 06:59:07 pm

makasih atas infonya, info ini sangat bermanpaat bagi saya.

Reply
11/16/2015 01:05:41 am

wah mantaf sekali artikelnya, semoga saja banyak orang yang membaca artikel bermanpaat ini.

Reply

wah mantaf sekali infonya, terimakasih ya gan semoga saja tambah sukses dan sehat selalu!.

Reply

mantaf sekali artikelnya, artikel ini sangat berkesan bagi saya dan sangat bermanpaat, terimakasih atas artikelnya.

Reply

This article is very memorable one for me and very useful, I hope a lot of people who read this memorable aeritek, thanks yak gan article.

Reply

terimakasih atas infonya, info ini sangat menarik dan berkesan, semoga saja banyak orang yang menemukan dan membaca artikel ini.

Reply
12/8/2015 07:14:43 pm

makasih atas infonya, infonya menarik sekali dan banyak maknanya. semoga saja artikel ini bisa bermanpaat bagi semua orang yang membacanya. terimaksih gan.

Reply
12/17/2015 07:36:06 pm

makasih atas informasinya, saya sangat menyukai artikelnya.

Reply

makasih atas beritanya, beritanya menarik sekali.

Reply
9/13/2016 02:02:05 am

salam kunjungan gan, perdana nih, ijin berkomentar ya, semoga blog nya makin ningkat pengunjung nya, aamiin...

Reply
3/14/2017 02:07:36 am

selamat sore, ijin berkunjung dan berkenalan semoga blog nya sukses terus dan artikel2nya bermanfaat yaaa

Reply



Leave a Reply.