oleh : Diki Elfira Martiningsih

SIAGA TANGGAP BENCANA ( 2 – 4 Maret 2012 @ Universitas Negeri Jember)
Kegiatan wilayah kali ini bernama SIAGAB (siaga tanggap bencana) yang diadakan di Universitas Jember. Sasaran tempat latihan SIAGAB ada di Kecamatan Panti, Desa Suci, Jember. Delegasi yang datang dari daerah Surabaya, Malang, dan Jember sendiri terdiri dari beberapa universitas, yaitu Universitas Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universita Jember.

Acara SIAGAB berisi tentang pelatihan tanggap bencana dengan pemberian materi dari BASARNAS (Badan Search and Rescue Nasional), MENWA (Resimen Mahasiswa) Universitas Jember, dan PMI(Palang Merah Indonesia) Jember. Tanggal 3 pagi hari, dilaksanakan pemberian sedikit materi dari MENWA Universitas Jember tentang kebencanaan. Dilanjutkan materi oleh BASARNAS Surabaya tentang kebencanaan dan cara penanganannya. Kemudian dilakukan praktik evakuasi korban oleh peserta yang dibantu serta diawasi Tim BASARNAS. Acara berlangsung lancar dan menyenangkan. Semua peserta antusias menjalani rangkaian acara.

Tanggal 4 Maret, acara dimulai sejak pagi hari yang berupa praktik evakuasi. Kegiatan ini dipandu oleh tim PMI Jember dan juga tim BASARNAS. Peserta dibagi kelompok-kelompok. Ada kelompok triase, firt aid, evakuasi, dan medis. Setelah praktikum berkelompok, dilakukan simulasi penanganan. Simulasi dilakukan di sekitar balai Desa Suci. Panitia berperan sebagai korban bencana dan memerlukan penanganan. Tim triase menandai korban dengan pita warna hijau, kuning, merah, atau hitam. Tim first aid menangani luka korban, tim evakuasi melakukan evakuasi pada korban yang tidak dapat melakukan mobilisasi sendiri. Kemudian, korban dibawa ke tim medis untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Acara berlangsung seru. Kemeriahannya karena peserta delegasi yang melakukan simulasi begitu antusias dengan pelaksanaan tersebut seakan benar-benar terjadi bencana, namun tetap ada canda tawa yang tersirat.

Setelah simulasi, sesi foto-foto pun dilakukan. Panitia, peserta, maupun pemateri melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan. Perjalanan selanjutnya menuju ke Taman Botani untuk jalan-jalan. Di sana jugalah penutupan acara sekaligus perpisahan delegasi dilakukan. Semua bersalaman dan pulang ke daerah masing-masing. Banyak kenangan yang terjadi, banyak cerita menyertai perjalanan ini. There is a story in our adventure, always ! ^_^


mandy
3/9/2012 08:18:58 am

terima kasih sudah dibantu memublikasikan.
JMKI joss!!
:D

Reply
3/16/2012 04:36:23 pm

iya, sama2. apabila mengadakan kegiatan JMKI, silahkan dikirimkan artikelnya ke jmkinasional@gmail.com akan publikasikan di media informasi JMKI :)

Reply



Leave a Reply.